Pages

Selasa, 13 Maret 2012

Panen Gol Lawan Basel, Bayern Tembus Perempat-Final


Striker Mario Gomez menyumbangkan empat gol dalam pesta tujuh gol tanpa balas Bayern Munich ke gawang Basel di ajang Liga Champions.

Bayern Munich berhasil mengamankan tiket ke perempat-final Liga Champions usai menyingkirkan Basel. Di laga leg kedua babak 16 besar yang digelar di Allianz Arena, Rabu (14/3) dinihari WIB, klub Bavarian ini sukses menyarangkan tujuh gol tanpa balas ke gawang lawan. Secara agregat, Bayern unggul 7-1 atas wakil Swiss tersebut. 
Dalam kemenangan besar Bayern kali ini, striker tim nasional Jerman Mario Gomez menyumbangkan empat gol. Sisanya masing-masing dicetak oleh Arjen Robben dan Thomas Muller.

Melakoni laga ini, Bayern tampil dengan kepercayaan diri yang besar. Ambisi membalas kekalahan 1-0 di kandang Basel menjadi salah satu pelecut semangat buat para pemain Bayern. 

Sejak peluit dibunyikan wasit, para pemain Bayern langsung melakukan serangannya ke wilayah pertahanan lawan. Hanya butuh waktu sepuluh menit saja untuk menandai awal kemenangan ini. Robben berhasil menggetarkan gawang Yann Sommer setelah memanfaatkan kemelut yang terjadi di depan mulut gawang Basel. 

Usai memetik keunggulan itu, Mario Gomez dan Robben sempat memperoleh peluang. Tetapi semua usaha itu masih bisa dimentahkan oleh kiper Basel. 

Sebaliknya, Basel berupaya untuk memberikan perlawanan. Di menit ke-14, Xherdan Shaqiri sempat membuat tekanan ke jantung pertahanan tuan rumah. Tetapi tendangan kaki kiri  gelandang Basel itu masih bisa dihalau.
FC Bayern München v FC Basel 1893, Mario Gomez, Luiz Gustavo & Franck RiberyEmpat menit jelang berakhirnya waktu normal babak pertama, Bayern kembali berhasil memperbesar keunggulannya. Di menit ke-41, sodoran bola dari Robben berhasil dituntaskan dengan sempurna oleh Muller dengan mengarahkan bola ke sudut kanan gawang Basel. Lalu di menit ke-44, Gomez mengawali rentetan golnya ke gawang Basel. Gol yang dicetak Gomez kali ini usai memanfaatkan tendangan bebas. 

Unggul tiga gol ternyata tidak membuat daya gedor pemain Bayern menjadi mengendur saat memasuki babak kedua. Lima menit setelah laga kembali dimainkan, bola tendangan kaki kiri Gomez berhasil bersarang ke gawang Basel. Gol ini berawal dari sebuah umpan silang yang dilepaskan Franck Ribery. 

Situasi ini memberikan kepercayaan yang teramat besar bagi pemain Bayern. Di menit ke-61, Bayern terus memanen gol ke gawang lawannya. Gol kali ini masih terinspirasi dari Ribery yang menyodorkan umpannya kepada Gomez. Umpan silang itu kemudian ditanduk oleh Gomez. 

Pesta gol ini akhirnya dituntaskan enam menit kemudian. Ribery masih tetap menjadi inspirator. Bola yang disodorkan pemain tim nasional Prancis itu dengan sempurna dituntaskan menjadi gol oleh Gomez.

Bagi Basel, kekalahan tandang ini menjadi yang pertama sekaligus pula yang terakhir dialaminya di pentas Liga Champions musim ini. Dalam catatan away yang sempat dilakoni di sepanjang babak penyisihan grup, wakil dari Swiss ini telah membukukan dua hasil imbang melawan Manchester United dan Benfica serta menang atas Otelul Galati. 

0 komentar:

Posting Komentar